Cara Membuat Sabun Pencuci Tangan

Banyaknya kegiatan yang dilakukan seseorang mengakibatkan mudahnya berbagai macam kuman yang hinggap di tangan. Kuman-kuman tersebut berada dalam tangan dan dengan mudah masuk dalam tubuh jika dibiarkan. Mengatasi hal tersebut akan lebih baik jika seseorang menjaga kebersihan diri dengan banyak mencuci tangan.

 

Sebagian orang mungkin masih melihat mencuci tangan dari sudut pandang ekonomis. Hal tersebut tidak terlepas dari harga sabun pencuci tangan yang bisa dikatakan tidak murah. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat sabun pencuci tangan sendiri. Hal tersebut bisa membantu kondisi dompet agar tetap terjaga. Caranya pun bisa dibilang tidak terlalu sulit dan mudah untuk dilakukan.

 

Persiapkan Alat dan Bahannya

Pertama, siapkan larutan sodium louril sulfat atau NADS sebanyak 150 mg. Larutan ini merupakan bahan dasar untuk membuat sabun. Larutan ini biasa dikenal masyarakat dengan sebutan Texapon N70. Selanjutnya siapkan larutan Amphitol yang merupakan zat penghasil buih atau gelembung air.

 

Zat pengental atau NaCl disiapkan sebanyak 30 g. Jangan lupa untuk menyiapkan larutan parfum yang banyaknya bisa disediakan sesuai dengan selera. Siapkan juga tergitol NP10. Larutan tersebut berfungsi sebagai pengemulsi, penggabung antara parfum dan air. Sebagai pelawan kuman, sediakan BKC 0.1 ml sebagai bahan pelawan kuman. Larutan ini juga memungkinkan pencuci tangan yang dihasilkan nantinya bisa terbebas dari jamur.

 

Larutan lain yang hari dipersiapkan adalah gliserin. Gliserin adalah zat yang dapat membuat lembut sabun cuci tangan yang nantinya akan digunakan. Sediakan pewarna dan juga sodium benzoat. Sodium berfungsi sebagai pengawet sabun. Bahan terakhir yang harus disiapkan adalah air suling. Air inilah yang nantinya akan memengaruhi kualitas sabun. Semakin baik kualitas air suling yang digunakan, maka nantinya sabun yang dihasilkan pun akan semakin baik.

Setelah bahan disiapkan, jangan lupa untuk menyiapkan juga peralatannya. Peralatan yang digunakan cukup mudah disiapkan. Pertama siapkan wadah plastik. Kemudian takaran, pengaduk dan wadah sabun cuci tangan yang nantinya akan dihasilkan.

 

Cara Membuat Sabun Cuci Tangan Cukuplah Mudah

Pertama, gabungkan larutan yang telah disiapkan. Campurkan amphitol, texapon, NaCl dan air suling dalam satu wadah yang sama. Kombinasikan larutan-larutan tersebut hingga menjadi cairan berwarna putih sebanyak 500 hingga 700 ml. Diamkan campuran tersebut selama 15 sampai 24 jam hingga campuran berwarna bening dan tidak lagi putih.

 

Jika sudah, masukkan parfum, NP10, gliserin, BKC, sodium benzoat, pewarna dan air hingga volume campuran berubah menajadi 1 L. Setelah itu, aduk hingga rata. Masukkan larutan pencuci tangan yang telah dibuat pada sebuah botol.

 

Sabun pencuci tangan buatan sendiri sudah siap untuk digunakan. Membuat sabun pencuci tangan sendiri dapat menghemat pengeluaran. Selain itu bahan yang digunakan serta parfum pada sabun bebas dipilih sendiri sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu, bahan yang digunakan lebih bisa dijamin sehingga kesehatan keluarga dan orang terdekat menjadi bisa lebih dipastikan.

Jangan lupa untuk sering mencucui tangan karena di tangan terdapat banyak sekali kuman yang hinggap. Dari kuman itulah yang menyebabkan seseorang terkena sakit. Tentu saja banyak penyakit tidak diinginkan untuk menjangkit tubuh kita bukan? Banyak kegiatan yang akan terganggu pelaksanaannya jika tubuh terkena penyakit.

 

Selain menjauhi kuman penyebab penyakit dengan sering mencuci tangan, perhatikan juga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar. Akan percuma jadinya jika kesehatan tubuh selalu terjaga, tapi kesehatan lingkungan dibiarkan tidak terawat.

Spread the love